In House Training, Manajemen Kelas dan Service Excellence

PENINGKATAN KOMPETENSI PEGAWAI GURU DAN NON-GURU

ISLAMIC CENTRE AT TAUFIQ

MELALUI IN HOUSE TRAINING

MANAJEMEN KELAS & SERVICE EXCELLENCE

 

 

iht

 

Sekolah adalah lembaga  yang berkaitan dengan pelayanan kepuasan pelanggan. Pelanggan utama yang harus diperhatikan dalam dunia pendidikan adalah siswa, dan orang tuanya. Bagaimana Sekolah memiliki mutu layanan dan  mutu jasa pendidikan yang memuaskan bagi pelanggan, dimana kualitas layanan dan mutu jasa pendidikan dipengaruhi oleh perilaku pegawai sebagai pelayan dalam pendidikan, dan perilaku pegawai dipengaruhi oleh perhatian dan pembinaan pegawai dari sekolah.

 

Menindaklanjuti hal tersebut penting bagi bagi Sekolah At Taufiq untuk terus menerus melakukan pembinaan pegawai melalui berbagai kegiatan pelatihan meningkatkan kompetensi, keterampilan dan keahlian pegawai dalam semua aspek. Semakin banyak pembinaan dari lembaga, maka akan semakin baik pelayanan yang akan diberikan guru sehingga mutu layanan dan mutu jasa yang ditargetkan lembaga, dapat tercapai dengan maksimal.

 

Pada Hari Sabtu, 28 Oktober 2017 telah sukses dilaksanakan program dari Divisi Pusat Pendidikan dan Latihan dan SDM yaitu In House Training bertemakan Manajemen Kelas dan Service Excelent. Dimana para guru difokuskan pada tema Manajemen kelas sedangkan pegawai non-guru difokuskan pada tema Service Excelent. Pelatihan Manajemen Kelas dan Service Excellence adalah Pelatihan yang memberikan pemahaman tentang bangaimana memberikan layanan terbaik baik dalam pengajaran maupun layanan secara umum. Pelatihan ini mampu meningkatkan semangat dan keterampilan pegawai dalam meningkatkan fungsi dan perannya, sehingga sangat memungkinkan sekolah menjadi lebih maju dan lebih berkembang.

 

Para peserta yang terdiri atas pendidik, manajemen unit, dan tenaga kependidikan sangat antusias mengikuti serangkaian acara training ini. Materi yang disampaikan pun tidak membosankan, karena materinya disusun secara komunikasif, aplikatif, melaui presentasi, diskusi, simulasi dan penugasan. Training dengan durasi waktu dari pukul 08.00 hingga 15.00 WIB ini tersusun atas pembukaan yang berisi sambutan dan pembacaan ayat suci Al-Quran dan kemudian pada acara inti training terdiri atas dua sesi yaitu sesi klasikal dan sesi kelas.

 

Sesi klasikal disampaikan oleh motivator ternama yaitu Bapak Ir. Fauzan, M.Pd (Direktur Maestro Motiva Indonesia). Kemudian dilanjutkan dengan sesi kelas yaitu peserta dikelompokkan perkelas dengan dimentori oleh pembicara dari internal sekolah kita yaitu para ustad dan ustadzah yang telah lulus dari Net Academy, sebut saja nama beliau-beliau ini Ustadz Ma’mun (Kepala SMAIT), Ustadz Zulfikar (Kepala SDIT), Ustadz Wahyudin (Kepala SMPIT), Ustadz Mahyudin (Wakasek SDIT), Ustadzah Nur Asiyah (Tim Divisi Kurikulum), Ustadzah Nafisah (Wakasek SDIT), Ustadzah Irma (Kepala Divisi Kurikulum), dan Ustadzah Nia (Tim Divisi Kurikulum). Selain itu ada juga kelas yang dibawakan langsung oleh tim DIKLAT sekolah yaitu Ustadz Saeful Bahri dan Ustadz Masyudi.

 

Moga moga dengan pelatihan yang dilakukan dapat meningkatkan kompetensi, baik berupa semangat dan motivasi, maupun keterampilan tekhnis pengajaran maupun kompetensi lainnya. Mengingat sinergi antara wawasan layanan sekolah dan semangat kompetensi pegawai sangat dimungkinkan akan meningkatkan fungsi pelayanan lembaga, sehingga pada akhirnya lembaga memiliki kualitas layanan yang prima dan memiliki nilai jual yang semakin meningkat.



 

iht2