TKIT AT TAUFIQ

Tujuan pendidikan di TKIT At Taufiq adalah mengembangkan berbagai potensi yang dianugerahkan Allah SWT kepada setiap anak dengan membekali dasar-dasar aqidah, ibadah, ahlakul karimah, pengetahuan dan kecakapan hidup (life skill) sehingga menjadi pribadi yang matang bersekolah, senang belajar, mampu memecahkan masalah dan mencari solusi terbaik, pribadi yang sukses dan mampu menentukan pilihan-pilihan yang baik untuk dirinya.

Untuk mewujudkan tujuan pendidikan yang diselenggarakan di TKIT AtTaufiq, maka disusunlah sebuah kurikulum Khas TKIT At Taufiq yang merupakan perpaduan dan pengayaan antara Kurikulum Dinas Pendidikan dengan muatan lokal sekolah.

Kurikulum Muatan Lokal

Muatan lokal merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi peserta didik yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah.

Muatan lokal yang menjadi unggulan oleh TKIT At Taufiq adalah Belajar Qur’an dengan metode Qiroaty dan Tahfidz. TKIT At Taufiq juga mengembangkan muatan lokal PLH dan Bahasa Sunda.

  1. Belajar Qur’an metode Qiroati
    Tujuannya adalah anak mengenal bacaan Al Qur’an dengan tartil mujawwaz sejak dini, karena Al Qur’an adalah pedoman hidup dan membacanya adalah ibadah yang sangat dicintai Allah SWT dan mendatangkan banyak kebaikan.
  1. Tahfidz
    Tujuannya adalah anak senang menghafal Al Qur’an, hadist dan doa-doa harian sejak dini untuk menanamkan karakter/ahlak mulia dan meningkatkan kecerdasan emosi – spiritual peserta didik.
  1. PLH ( PendidikanLingkunganHidup )
    Tujuan untuk menanamkan cinta lingkungan sejak usia dini.
  1. Kemampuan Berbahasa Sunda
    Bertujuan untuk membiasakan dan melatih anak didik untuk tidak melupakan bahasa ibu/ bahasa daerah dan tatakrama sunda seperti berbahasa halus dan sopan, serta ramah juga selalu menggunakan “Anggah-Ungguh cara sunda”.
    Program ini disampaikan dan dilaksanakan setiap hari kamis dalam bentuk nyanyian, sapaan dan penambahan kosa kata benda yang ada di sekitarnya. Pengenalan budaya sunda juga dilakukan melalui permainan angklung.

 

PROGRAM UNGGULAN

Untuk mendukung perkembangan kurikulum yang dikembangkan di sekolah, pihak sekolah mengadakan beberapa program unggulan yang diharapkan dapat menjadi fasilitas bagi orang tua dan pihak sekolah untuk mengembangkan karakter dan kemampuan anak secara maksimal.

  1. TKIT Peduli “Berbagi Tak Pernah Rugi”
    Tujuan: Mengembangkan sikap peduli, empati dan kemampuan berinteraksi.
    Kegiatan: Mengundang anak yatim dari lingkungan sekitar (TK A); Kerjabhakti di mushola sekitar dan menyumbang peralatan kebersihan dan perlengkapan sholat.
  2. Kunjungan Tematik (4 kali dalam setahun)
    Tujuan: Membuka wacana mengenai tema tertentu melalui pengalaman langsung.
    Kegiatan: Mengundang guru tamu terkait tema; Mengunjungi sebuah temapt/situasi  sesuai tema.
  3. Pemeriksaan Diri
    Tujuan: Memantau kesehatan anak secara umum dan menumbuhkan pemahaman mengenai pola hidup sehat dan pentingnya menjaga kesehatan.
    Kegiatan: Pemeriksaan kesehatan anak secara umum; Mengundang tenaga kesehatan dari RSIA Hermina (bekerjasama dengan institusi di luar sekolah).
  4. Qurban dan Cookery (Peringatan Idul Adha)
    Tujuan: Mengenalkan anak pada salah satu hari besar Islam yaitu Idul Adha dan memberikan pengalaman untuk bekerjasama dengan teman.
    Kegiatan: Bekerjasama dengan unit lain (SDIT dan SMPIT), memotong kambing dan mengolah daging kambing tersebut; Bekerjasama dengan Komite Sekolah
  5. Parenting (2 kali dalam setahun)
    Tujuan: Memberikan edukasi pada orang tua mengenai tahap perkembangan anak agar pihak sekolah dan orang tua memiliki visi yang sama dalam mengembangkan potensi anak
    Kegiatan: Mengadakan seminar parenting; Bekerjasama dengan Unit Litbang dan SDIT; Melibatkan pihak luar (psikolog perkembangan anak)
  6. Ayahku,Idolaku (sebulan sekali di hari Jum’at)
    Tujuan: Memberikan kesempatan pada orang tua (ayah) untuk terlibat secara langsung dalam kegiatan di sekolah).
    Kegiatan: Setiap ayah mendapat kesempatan sekali untuk masuk ke dalam kelas putra/putrinya; Kegiatan bersama ayah yang dilakukan bisa berupa bermain games, bercerita, ataupun bercerita ttg profesi ayah; Setiap ayah mendapat jadwal dari sekolah.
  7. Assembly (2 kali tiap pertengahan semester)
    Tujuan: Menumbuhkan rasa percaya diri dan potensi anak
    Kegiatan: Anak tampil di atas panggung, di depan teman-temannya.
  8. Big Assembly ( Peringatan Hari Ibu)
    Tujuan: Menumbuhkan rasa percaya diri dan potensi anak.
    Kegiatan: Anak tampil di atas panggung, orang tua menjadi penonton; Melibatkan orang tua
  9. Berenang (2 kali setahun)
    Tujuan: Menumbuhkan rasa percaya diri, keberanian dan kemauan untuk mengembangkan kemampuan fisik anak.
    Kegiatan: Kegiatan berenang bersama; Melibatkan pihak luar (pengelola kolam renang)
  10. Market Day
    Tujuan: Menumbuhkan rasa percaya diri,kemampuan berkomunikasi dan bekerjasama.
    Kegiatan: Melibatkan anak dalam kegiatan ekonomi (jual beli); Melibatkan Komite dan Unit lain
  11. Family Gathering “Having Fun with Family”
    Tujuan: Menumbuhkan kerjasama antara pihak sekolah dengan orang tua.
    Kegiatan: Merupakan kegiatan bersama antara sekolah dan orang tua; Kegiatan berupa permainan-permainan bersama; Melibatkan orang tua
  12. Home Visit
    Tujuan: Menjalin komunikasi yang baik antara pihak sekolah dan orang tua; Menumbuhkan perasaan dihargai dan diapresiasi pada anak.
    Kegiatan: Merupakan kegiatan mengunjungi rumah siswa yang direncanakan oleh wali kelas dan guru pendamping (di luar kunjungan karena sakit); Dilakukan sebulan sekali (Jum’at minggu ke III), secara bergantian. Targetnya, dalam setahun seluruh siswa akan mendapat kunjungan.
  13. Tuesday Call
    Tujuan: Menjalin komunikasi antara pihak sekolah dan orang tua.
    Kegiatan: Merupakan kegiatan menghubungi orang tua melalui telepon. Dilakukan seminggu sekali (Hari Selasa). Targetnya, setiap bulan, orang tua akan mendapat telepon dari guru kelas.
  14. Kemping Sehari
    Tujuan: Menumbuhkan kemandirian,kerjasama,keberanian dan tanggung jawab pada diri anak
    Kegiatan: Merupakan kegiatan di luar kelas; TK A insyaallah dilaksanakan di TK Alam Talasia Islami (Kayumanis) kegiatan dari pagi sampai sore; TK B menginap di sekolah.