SDIT AT TAUFIQ

Sekolah Dasar Islam Terpadu At Taufiq (SDIT At Taufiq) bertujuan untuk Memfasilitasi siswa menjadi pribadi yang tumbuh memiliki Aqidah yang lurus,ibadah yang shahih, dan Akhlak mulia yang ditunjukkan dengan kepercayaan pada diri sendiri dan lingkungannya, mandiri serta memiliki inisiatif, sehingga tumbuh kesadaran akan pentingnya belajar.

Untuk mencapai tujuan tersebut, SDIT At Taufiq menyusun kurikulum unggulan dan menyelenggarakan berbagai kegiatan pembelajaran yang menunjang tercapainya tujuan tersebut.

Kurikulum yang dikembangkan oleh SDIT At Taufiq merupakan kurikulum KTSP yang dimodifikasi sesuai dengan visi dan misi sekolah.  Kurikulum unggulan yang diselenggarakan SDIT At Taufiq diantaranya Pembelajaran Al Quran, Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Life Skill, Mentoring dan Pembiasaan.

 

VISI dan  MISI SDIT AT TAUFIQ

Visi:

“ MENJADI SEKOLAH YANG MEMILIKI KOMITMEN UNTUK MEWUJUDKAN GENERASI ISLAMI”

Misi:

  1. Menanamkan aqidah yang lurus bermanhaj ahlussunnah wal jama’ah dan mengajarkan ibadah yang sesuai dengan Al Qur’an dan sunnah.
  2. Meningkatkan kemampuan pendidik  dan tenaga kependidikan untuk menjadi qudwah hasanah
  3. Membentuk Peserta Didik yang Berakhlaq Karimah
  4. Mengembangkan ruhiyah, fikriyyah dan jasadiyyah peserta didik, melalui pembelajaran dengan pendekatan yang sesuai tahap perkembangan usianya
  5. Menjalin kerjasama dengan seluruh stakeholder dalam mengembangkan lembaga agar mampu berkontribusi sebesar-besarnya untuk masyarakat

 

KEGIATAN DI SEKOLAH

KEGIATAN HARIAN

  1. Sapa pagi
    Kegiatan ini merupakan kegiatan penyambutan siswa oleh Guru-guru di saat siswa datang di sekolah, bertujuan untuk menumbuhkan perasaan siswa diterima di sekolah dan menumbuhkan semangat belalar di sekolah.
  1. Pembiasaan Sholah Sunnah Dhuha
    Kegiatan ini bertujuan untuk membiasakan siswa untuk melaksanakan sholat sunnah, terutama sholat sunnah Dhuha.
  1. Tahfidz Pagi
    Kegiatan ini diselenggarakan setelah sholat dhuha, sebelum belajar di kelas.  Kegiatan ini bertujuan untuk melatih dan menambah hafalan siswa, sehingga memotivasi siswa untuk menjadi penghafal Al Qur’an.
  1. Pembiasaan adab islami
    Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari, selama siswa di sekolah.  Diantara adab islami yang dibiasakan adalah  mengucapkan salam ketika bertemu teman atau guru (Salam dan Sapa), berwajah ceria (Senyum), berkata lembut (Santun), dan berperilaku baik (Sopan)
  1. Pembiasaan Sholat Fardu berjamaah
    Sholat Dzuhur dan Sholat Asar dilaksanakan di sekolah secara berjamaah untuk membiasakan siswa sholat fardu secara berjamaah.  Siswa ikhwan sholat berjamaah di  masjid, dan siswa Akhwat sholat berjamaah di kelas atau aula sekolah.

 

KEGIATAN MINGGUAN

  1. Upacara Bendera
    Kegiatan Upacara bendera dilaksanakan pada hari senin, bertujuan untuk menumbuhkan sikap disiplin siswa.
  1. Morning Talk
    Kegiatan ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan di kelas, di pagi hari yang diisi oleh wali kelas untuk menyampaikan beberapa pesan, nasehat, atau memncari solusi atas permasalahan yang terjadi di kelas.
  1. Senam pagi
    Senam pagi dilaksanakan untuk menjaga kesehatan, kebugaran dan kesegaran tubuh siswa.
  1. Mentoring dan Halaqoh
    Kegiatan mentoring merupakan kegiatan yang dilaksanakan setiap hari Jumat pagi, bertujuan untuk membekali siswa dengan materi-materi keagamaan dan materi yang berkaitan dengan permasalahan kontemporer berikut dengan solusinya sesuai tuntunan agama.
  1. Life Skill
    Kegiatan ini bertujuan untuk membekali siswa dengan keterampilan sederhana bermanfaat, seperti mencuci pakaian, menyetrika, menjahit, memasak, dan keterampilan lainnya sesuai tingkatan usia.
  1. Ekstra Kurikuler pilihan
    Kegiatan ini untuk mengembangkan minat dan bakat siswa.  Ektra Kurikuler yang diselenggarakan SDIT At Taufid diantaranya Karate, Pramuka, Memanah, English Club, Angklung, Cooking Class, Drawing.

 

KEGIATAN TAHUNAN

  1. At Taufiq Berbagi
    Kegiatan berbagi dilaksanakan dengan mengumpulkan infaq pekanan yang akan diserahkan ke Unit Pengelolaan Zakat At Taufiq, Infaq Insidental untuk disalurkan kepada korban bencana baik di dalam maupun luar negeri.
  1. Kemping
    Kemping dilaksanakan untuk menumbuhkan kemandirian, kerjasama dan saling menghargai antar teman.
  1. MABIT
    Kegiatan pembinaan ruhiyah siswa yang diselenggarakan dengan menginap sekolah.  Kegiatan ini berisi pembiasaan tilawah Alquran, Sholat fardhu berjamaah, Qiyamullail, dan pemberian materi motivasi belajar, Taushiyah.
  1. Market Day
    Kegiatan Market Day bertujuan untuk menumbuhan semangat berwirausaha dan jiwa entrepreneurship.
  1. Sport Day
    Kegiatan Sport Day terdiri dari beberapa kompetisi olahraga, diantaranya Futsal, Hand ball, tarik tambang,
  1. Qurban
    Kegiatan Latihan berqurban dilaksanakan untuk menumbuhkan kesadaran pentingnya berkurban.  Diawali dengan KBM yang memberikan materi sejarah, hikmah dan tata cara berkurban.
  1. Go Green
    Kegiatan yang bertujuan menumbuhkan kesadaran untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup.

 

 

PETA KONSEP PEMBELAJARAN SEMESTER GANJIL TP 2017/2018

Kelas I http://www.sekolahattaufiq.sch.id/?p=1278
Kelas II http://www.sekolahattaufiq.sch.id/?p=1237
Kelas III http://www.sekolahattaufiq.sch.id/?p=1261
Kelas IV http://www.sekolahattaufiq.sch.id/?p=1217
Kelas V http://www.sekolahattaufiq.sch.id/?p=1258
Kelas VI http://www.sekolahattaufiq.sch.id/?p=1215